p ILUSI SMASA: Apasih Doodle Art itu?

Minggu, 04 November 2012

Apasih Doodle Art itu?

DOODLE ART
Oleh : Meirsa Sawitri Hayyusari





Mungkin banyak dari kalian yang masih belum tau banget tentang Doodle Art atau emang pernah denger istilah itu tapi maksud dan tujuannya masih belum paham. Sebenernya pengertian Doodle Art secara singkat itu "mencoret" .

APA AJA SIH YANG DIBUTUHIN UNTUK NGEBUAT DOODLE ART?
1. Kertas/SketchBook
2. Pensil/Bulpen 
3.Penghapus

4. Drawing Pen
5. Spidol



Hanya dengan menggunakan pensil,pulpen,dan kertas kita sudah bisa tuh ngebuat Doodle. Nah, kegiatan tersebut yang biasa disebut dengan Doodling. Sebenarnya Doodle Art sendiri adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna juga ada yang bermakna, terkadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar namun terlihat unik dan menarik.

Dengan Doodle kita bisa mengekspresikan apa yang ada dalam fikiran kita. Mungkin secara ga sadar kalian sudah membuat Doodle Art kalian sendiri,contohnya aja corat coret meja ,buku dll. 

Biasanya kreatifitas dalam Doodling ini muncul saat ada kertas kosong dan pensil ,terlebih ada jam pelajaran kosong. Secara ga sadar, terkadang tangan kita udah menghasilkan sebuah karya yang terkadang bisa dianggap bagus namun teradang sebaliknya,kadang juga hanya sebuah kumpulan gambar yang menarik membentuk pola. Hasil karya tersebutlah yang biasa mencerminkan suasana hati seseorang,apabila hasilnya bagus berarti suasana hatinya pun bagus,begitupula sebaliknya.

Sebenarnya Doodle Art itu sudah ada sejak zaman purba,terlihat dari contoh coretan yang terdapat di dinding dinding gua. Mereka mengapresiasikan hasil fikiran mereka atau apa yang telah terjadi dengan mencoret dinding gua,sehingga terbentuklah cerita turun temurun.Dalam perkembangannya sekarang,hasil Doodle Art semakin menarik dan semakin abstrak namu tersirat berbagai makna di dalamnya.



Contoh Gambar Doodle tuh kayak gini,dari yang sederhana sampai yang rumit :











Manfaat Doodle Art itu :
- dapat meningkatkan kreatifitas kita
- semakin maraknya Doodle Art tersebut dalam desain grafis
- biasanya nih kalo banyak masalah trus kita nge Doodling,kita akan merasa tenang dan rileks.






3 komentar: