p ILUSI SMASA: HALLYU WAVE atau K-Pop Style yang Mampu Menguasai Industri Musik Dunia

Minggu, 04 November 2012

HALLYU WAVE atau K-Pop Style yang Mampu Menguasai Industri Musik Dunia



Annyeong annyeong annyeong !!! 


Halo readers sekalian. Disini saya ingin berbagi sedikit artikel yang menjelaskan tentang Kpop. Eits! Setelah baca kata Kpop, jangan langsung di close dong page ini, coba dibaca deh, kali aja bisa nambah 'pengetahuan' kalian. Ya? Ya? Ya? Dibaca ya? Bacalah sampai selesai :) Hehehe. Ok selamat membaca dan semoga sedikit terhibur! XD

JENG! JENG! JENG!

Korea Selatan.



     Nama negara itu sudah tidak asing lagi ditelinga para penghuni bumi saat ini. Negara liberal yang hampir seluruh rakyatnya merupakan pekerja keras ini telah mampu menggebrak dunia dengan bisnis entertainmentnya pada abad ke-21 saat ini. Negara yang biasa disebut dengan negara ‘Ginseng’ ini tidak tanggung-tanggung dalam mensukseskan suatu tujuan yang bisa menguntungkan negara mereka dan tentunya individu itu sendiri. Kehidupan saat ini yang sudah benar-benar canggih akan teknologi, tidak bisa dipungkiri jika Korea Selatan mampu menyebarluaskan Hallyu Wave atau Korean Pop ke seluruh penjuru dunia. Hallyu Wave ini sendiri merupakan sebuah aliran musik, drama, film, serta budaya dari Korea dengan bintang-bintang yang memiliki rupa tidak biasa dari manusia pada umumnya. Mengapa bisa begitu? Sudah jelas, bahwa Korea juga terkenal akan teknologinya dalam bidang kedokteran khususnya Plastic Surgery. Visual yang dimiliki para bintang Korea ini kebanyakan memang merupakan hasil perbaikan atau permark operasi plastik sehingga membuat orang mampu bertahan lama melihat visual mereka yang bisa dikatakan menyejukkan mata #alay.

    Dunia entertainment di Korea bisa dibilang sudah ‘pasaran’, berbagai girlband maupun boyband bahkan soloist dan band sudah banyak bermunculan dan mengeluarkan hitz-hitz dengan berbagai genre. Berbagai management besar yang mampu mengeluarkan artis-artis berbakat itu pun sudah terkenal dan namanya bisa dijumpai setiap hallyu wave diulas dan dibahas. Namun, dalam era saat ini hanya terdapat 5 management besar di Korea Selatan yang saling bersaing untuk menguasai dunia musik dan entertainment lainnya. (Ini menurut gue dan nggak usah protes. :D) Kelima management  tersebut antara lain :

•    S.M. ENTERTAIMENT yang didirikan oleh Soo Man Lee (이수만) pada tanggal 14 Februari 1995.

•    YG ENTERTAINMENT yang didirikan oleh Hyun Suk Yang (양현석) pada Maret 1998.


•    JYP ENTERTAINMENT yang didirikan oleh Jin Young Park (박진영) pada tahun 1997.


•    CUBE ENTERTAINMENT yang didirkan oleh Seung Sung Hong pada tahun 2008.


•    LOEN ENTERTAINMENT yang didirkan oleh Young Bin Min (민영) pada tahun 1984.

Kelima management itu tidak bisa dipungkiri lagi kehebatannya dalam mendidik artis-artis mereka saat menjadi seorang trainee, sehingga mereka bisa mejadi seorang artis yang luar biasa.
Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan nama-nama boyband maupun girlband yang ada di dalam artikel ini. Seperti :
  1. Girls’ Generation
  2. Super Junior
  3. SHINee
  4. 2PM
  5. Big Bang
  6. Wonder Girls
    Dan masih banyak lagi. Persaingan para boyband  dan girlband ini benar-benar ketat kalau kita bisa melihat dengan seksama dan mengamati dunia musik khususnya musik pop Korea. Jika saja, tarian atau suara, dan bahkan visual dari artis itu tidak memenuhi rata-rata dan di bawah level yang ditentukan oleh pendengar dan pengamat musik dunia, maka girlband atau boyband itu susah untuk bisa menjadi terkenal.

    Faktanya, kebanyakan K-Popers (sebutan untuk penggemar musik, drama, film, dan budaya Korea) di dunia, cenderung mengidolakan artis yang memiliki kriteria di atas level yang sudah disebutkan tadi. (Termasuk saya. Hohoho) Mereka yang memiliki visual menawan, suara yang ‘wah’ dan merdu nyaman didengar serta keahlian mereka dalam menyanyi. Tidak hanya itu, kemampuan mereka dalam berakting juga bisa memikat hati para penggemarnya.

    Jujur saja, saya sendiri sebagai penulis artikel ‘abal-abal’ ini adalah seorang K-Popers, kalau saya bukan K-Popers, saya tidak akan pernah memposting artikel beginian (-__-“)/ dan faktanya sekarang saya menulis artikel ini dengan masih mencuri-curi kesempatan untuk menonton music video penyanyi-penyanyi Korea \(^0^)/ #nggakpenting #okeinirandom.

    -SKIP-

    -Kembali FORMAL-

    Nah, saya sebagai penulis kelahiran Indonesia yang cinta Indonesia, tanah airku (kalian harus percaya kalau saya mencintai Indonesia), pun turut merasa was-was. Mungkin kalau saja hanya dunia musik Korea yang merabah di Indonesia itu tidak terlalu merugikan bagi Indonesia, namun apabila sampai budaya Korea pun turut merasuki hati warga Indonesia khususnya remaja, maka budaya Indonesia bisa-bisa terlupakan. Padahal budaya Indonesia itu jauh lebih bagus dan menawan serta memiliki daya jual yang tinggi. Hanya saja para pemuda-pemudi Indonesia masih kurang mendalami dan memahami budaya negaranya sendiri (Termasuk saya. Lagi. Hohoho) Saya takut kalau-kalau Indonesia terjajah secara kesuluruhan oleh negara luar, khususnya ya Korea ini. Hiks... Apalagi...apalagi... #loh? #kokcurcol? #WOYFORMALFORMAL!

    Huaaaaa artikelnya rusak! Ini sudah mulai nggak normal ini penulisnya! Huaaaaaaaa~ penulisnya kehabisan ide mau nulis apa lagi! Huaaaaa~ Udahan deh ya. Mohon maaf lahir batin atas artikel TIDAK JELAS ini. Saya, pacarnya Kris, leader dari boyband  EXO keluaran S.M. Entertainment,


undur diri. Sampai Jumpa! Annyeong!


Source : My Mind, My Heart, My Knowledge, and sedikit bantuan dari Wikipedia :D

0 komentar: